Saturday, March 18, 2017

NHW #8 : MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS



Materi ke #8 mengajarkan saya bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Melihat dari aktivitas pada kuadran BISA dan SUKA yang harusnya disuruh memilih satu saja, tapi saya memilih 2 cabang ilmu yang harus saya jalankan secara serentak dan memiliki target jangka pendek, yaitu bahasa arab dan kimia. 

Menilik dari pertanyaan "BE DO HAVE", maka berikut penjabarannya;
BAHASA ARAB 
Saya ingin menjadi penebar ilmu bahasa arab, terkhusus untuk anak-anak dan ibu-ibu rumah tangga (be). Caranya dengan memberikan privat kepada mereka (do). Seiring dengan kompetensi saya ingin membuka sebuah rumah belajar bahasa arab (have). 
Ada pun aspek dimensi waktunya; 
1. Lifetime purpose : menjadi mentor bahasa arab
2. Strategic plan: Bisa membaca arab gundul dan menulis essai dalam bahasa arab, serta mampu berkomunikasi dengan lancar baik lisan atau tulisan. 
3. New year resolution: Mampu memahami ilmu nahwu dan sorof tingkat dasar, serta mampu mentashrif dengan baik. 

KIMIA 
Saya ingin menjadi dosen bidang biokimia atau bioteknologi (be). Untuk mewujudkan itu saya harus melanjutkan studi minimal level S2 (do). Memiliki satu penelitian yang bisa memberikan banyak manfaat (have). 
Adapun aspek dimensi waktunya: 
1. Lifetime purpose : Dosen inspiratif 
2. Strategic plan : Mengantongi ijazah S2 maksimal tahun 2020 
3. New year resolution 
- Mencapai target toefl minimal 500 
- Bisa menulis essay ilmiah dalam bahasa inggris 
- Mendapatkan beasiswa di PTN dalam negeri (IPB atau UNAND) 

No comments:

Post a Comment